Review Materi Bunda Sayang Sesi #2: Melatih Kemandirian Anak

by - 4:48 AM


Review materi ke dua kuliah Bunda Sayang IIP, Alhamdulillah dapat materi dan tantangan yang luar biasa berguna.

Melatih kemandirian pada anak bukanlah perkara yang instan. Butuh kesabaran ekstra, komitmen dan konsisten terhadap ini. Ternyata, melatih kemandirian pada anak bisa dimulai sejak bayi, lho.. Misalnya, bayi memegang botol susunya sendiri. Luar biasa ya, hal kecil seperti itu ternyata termasuk ajaran kemandirian pada anak yang kadang kita lewatkan.

Melatih kemandirian juga harus diklasifikasikan sesuai usia anak. Misalnya, anak usia 1-3 tahun itu bisa diajarkan kemandirian dalam hal toilet (toilet training); berbicara atau kode jika ingin ke toilet, makan sendiri, berbicara jika menginginkan sesuatu. Nah, dalam proses pembelajaran ini, orang tua haruslah sabar untuk membersamai anak2 dalam berlatih mandiri, komitmen dan konsisten dengan aturan yang sudah disepakati bersama. Jangan maju mundur cantik ya mak.. 😂

Untuk anak usia 3-5 tahun, tantangannya pun lebih tinggi nih.. Karena di usia ini anak sedang suka mencontoh kita, oranngtuanya. Lalu kita harus bagaimana? Tidak perlu banyak larangan, hargai saja keinginannya, lakukan dengan proses sambil bermain, jangan buru2 menawarkan pertolongan pada anak, hargailah prosesnya belajar (bukan hasilnya), terima ketidaksempurnaannya dalam melakukan proses. Yaa, ingat loh...mereka itu masih anak2. Jadi jangan berekspektasi terlalu tinggi, mak. Hargai mereka berproses. 😘 (jedotin kepala sendiri)

Untuk anak usia sekolah, jika kemandirian sudah kita ajarkan sejak bayi, insyaAllah anak akam tumbuh menjadi pembelajar mandiri. Hati2, jangan terlalu fokus dengan tugas2 sekolah anak seperti PR, les, dsb yang menyebabkan kemandiriannya terabaikan. Percayakan pada anak kalau dia bisa menyelesaikan tugasnya, percayakan manejemen waktu yang mereka buat, buat kesepakatan dan kenalkan konsekuensi. 

Keterampilan dasar yang harus dilatihkan pada anak usia sekolah:
1. Menjaga kesehatan dan keselamatan dirinya
2. Keterampilan literasi
3. Mengurus diri sendiri
4. Berkomunikasi
5. Melayani
6. Menghasilkan makanan sendiri
7. Melakukan perjalanan sendiri
8. Menggunakan teknologi
9. Transaksi keuangan
10. Membuat karya

Untuk mendukung semua hal di atas, orang tua haruslah selalu konsisten, menanamkan motivasi dan menjadi teladan bagi anak2. Yuk kita berkaca, sudahkah kita menjadi orangtua/pribadi yang mandiri? Dapatkah anak2 menjadikan kita teladan untuk mandiri? Nah loh!

Anak2 tidak selamanya bersama kita.. Jadi, melatih kemandirian pada anak sangatlah penting bagi keluarga kita.

Terima kasih, insyaAllah materi ini sangat bermanfaat sekali. Tantangannya juga sangat bermanfaat untuk saya mengaplikasikan ilmu. Alhamdulillah. Begitulah review singkat saya, semoga ada manfaat yang bisa diambil ya.. Aamiin. 😊

Bismillah, siap menghadapi tantangan 10 hari di game level 2, kuliah Bunda Sayang IIP. 😉

You May Also Like

0 comments